cursor

NAMA


Click here for Myspace Layouts

Jumat, 29 April 2011

Sistem Pembelajaran jarak jauh dari kelopok kami UNBARA a.4.7


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Perngembangan suatu sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada dasarnya merupakan kebutuhan.  Sistem pembelajaran jarak jauh adalah suatu keseluruhan proses pendidikan dan penelitian yang diselenggarakan dalam bentuk pengajaran modular dalam satuan waktu tertentu dengan bimbingan dan pembinaan oleh tenaga profesional yang bertujuan untuk meningkatkan mutu kemampuan ketenagaan dalam bidang tertentu.

Program pembelajaran jarak jauh diselenggarakan dalam jangka satuan waktu tertentu. Jumlah waktu dan alokasi waktu disediakan sesuaikan dengan banyaknya modul yang menuntut urutan kegiatan pembelajaran atas sejumlah materi belajar.

Sepanjang pelaksanaan program pembelajaran jarak jauh, dilakukan bimbingan dan pembinaan bagi para peserta. Kegiatan pembbimbingan dan pembinaan tersebut dilakukan dalam sistem tutorial, pelaksanaan tutorial terdiri atas tenaga-tenaga profesional yang telah memiliki keahlian dalam bidang tertentu disamping pengalaman kerja yang cukup memadai.


B.     Identifikasi masalah
Dari latar belakang yang telah dikemukakan diatas, maka diidentifikasi berbagai masalah, antara lain :
1.      Masih banyak yang meragukan baiknya sistem pembelajaran jarak jauh
2.      Sistem pembelajaran jarak jauh masih jarang digunakan di lembaga-leembaga pendidikan di Indonesia
3.      Sistem pembelajaran jarak jauh dianggap kurang efektif

C.     Batasan masalah
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah, agar penguraian makalah lebih terarah dan terfokus maka penulis batasi pada point dari identifikasi massalah diatas yaitu :  3. Sistem pembelajaran jarak jauh dianggap kurang efektif.

D.    Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang diatas yang telah diuraikan maka dapat dirumuskan masalah yang akan saya kaji dalam makalah ini adalah sistem pembelajaran jarak jauh masih dianggap oleh sebagian orang cenderung kurang efektif, hal itu karna sebagian orang itu belum terbiasa menggunakan sistem pembelajaran tersebut.


E.     Tujuan
Berdasarkan latar belakang didapat tujuan yaitu mendiskripsikan tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam memecahkan masalah sistem pembelajaran jarak jauh

F.      Batasan istilah



BAB II
Kajian Teori


BAB III
Metode Penulisan / Penelitian
Metode penelitian yang kami digunakan pada karya ilmiah Sistem Pembelajaran Jarak Jauh ini yaitu menggunakan metode Library Research (Penelitian Kepustakaan) dimana kami menggunakan sumber-sumber bahan sebagai berikut :
Buku Sistem pembelajaran Jarak Jauh dan Pembinaan Ketenagaan yang dikarang oleh Dr. Oemar Hamalik yang diterbitkan oleh Trigenda Karya, dan sumber-sumber dari dunia maya.
Dari sumber yang kami dapat kami dapat menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran jarak jauh




BAB IV
Pembahsan
            Dewasa ini semakin bertambah banyak jumlah perguruan tinggi di berbagai negara yang menyajikan materi perkuliahan secara elektronik, baik sebagai pelengkap maupun pengganti pembelajaran tatap muka. Beberapa perguruan tinggi menyelenggarakan kegiatan pembelajaran elektronik sebagai suplemen (tambahan) terhadap materi pelajaran yang disajikan secara reguler di kelas (Wildavsky, 2001; Lewis, 2002). Namun, beberapa perguruan tinggi lainnya menyelenggarakan e-learning sebagai alternatif bagi mahasiswa yang karena satu dan lain hal berhalangan mengikuti perkuliahan secara tatap muka. Dalam kaitan ini, e-Learning berfungsi sebagai option (pilihan) bagi mahasiswa.
            Beberapa perguruan tinggi di luar negeri, misalnya Kanada, telah menjadikan pembelajaran elektronik sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Artinya, seluruh kegiatan perkuliahan diikuti oleh mahasiswa melalui pemanfaatan internet, mulai dari pendaftaran diri untuk mengikuti kuliah, konsultasi akademik, penyelesaian tugas-tugas dan penyerahannya, sampai dengan evaluasi kegiatan belajar mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa dapat memilih apakah akan mengikuti kegiatan kuliah secara tatap muka, atau secara online, atau perpaduan keduanya. Masing-masing pilihan ini dihargai sama secara akademik.

BAB V
Penutup
A.     Kesipulan
B.     Saran

0 komentar:

Posting Komentar

bye bye

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More